Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Awet (Hardware)


Saat ini komputer ataupun laptop sudah menjadi alat mobilitas yang harus dimiliki bagi kaum menengah ke atas, khususnya hampir setiap perusahaan membutuhkan sampai pada kalangan pelajar. Kini laptop sudah bukan lagi barang yang sulit untuk ditemukan di sekitar kita. 

Namun meskipun begitu tidak sedikit para penggunanya yang tidak menaruh perhatian khusus pada perangkat yang satu ini. Pekerjaan, tugas atau hanya untuk bersenang – senang untuk bermain game merupakan beberapa alasan utama seseorang membutuhkan komputer atau laptop. 

Kamu tentu tau bila laptop merupakan salah satu perangkat yang rentan sekali mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Selain itu ketika laptop mengalami kerusakan, biaya untuk memperbaikinya pun tidak main – main. 

Dan berikut ini adalah tips untuk menjaga komputer atau laptop anda agar awet dan tidak cepat rusak :

Membersihkan Monitor / LCD dengan Cairan Pembersih

Jangan pernah coba – coba untuk menyemprotkan cairan apapun pada layar monitor atau LCD. Bila memang ingin membuatnya lebih terlihat bersih dan mengkilap, kita bisa menggunakan cairan khusus atau lap kering/lembab yang lembut. Pastikan ketika membersihkannya tidak ada satu tetespun cairan atau air yang masuk ke dalam sela monitor atau LCD.

Tidak Rutin Bersihkan Komputer

Sirkulasi udara yang terhalang pada CPU komputer akan mengganggu kinerja dan kemampuan komponen di dalamnya. Debu dan kotoran akan dengan mudah masuk dan mengganggu kinerja pada komputer dan debu yang menempel lama akan mengakibatkan panas berlebih pada komputer. 

Sehingga hal ini akan berakibat pada performa hardware atau perangkat keras komputer, hingga yang paling parah ialah kerusakkan pada komponen komputer seperti RAM, Headsink, hingga Power.

Mendorong CD Drive Ketika Menutupnya

Cara ini banyak dilakukan pada orang – orang kuno yang memiliki kebiasaan pada komputer yang lama dan jangan sekali-kali di coba di laptop anda. Padahal kebiasaan ini justru akan membuat CD drive mudah patah dan kendor, gunakan tombol seperti biasa untuk membuka dan menutupnya.


Matikan Komputer Tanpa Shutdown

Penting!! Meskipun kamu terburu – buru sekalipun, hindari untuk mematikan komputer atau laptop tanpa melakukan shut down terlebih dahulu. Hal ini akan membuat harddisk pada komputer atau laptop mengalami badsector!!. 

Dan kemungkinan terburuknya adalah anda bisa kehilangan data penting anda di harddisk juga dengan mengganti harddisk yang badsector tersebut dengan yang baru.

Membuka Layar Laptop dari Samping

Hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya untuk performa laptopnya. Namun hal ini akan menimbulkan efek jangka panjang yakni engsel akan mudah patah pada satu bagian. Cara yang tepat untuk membukannya ialah membuka tepat di tengah atau diatas kamera, sehingga tumpuan pembukaannya tepat berada di kedua engselnya.

Jangan Biasakan membiarkan Debut Menumpuk diatas Keyboard

Kebersihan keyboard laptop merupakan hal yang harus selalu kamu perhatikan. Ketika debu menempel dan masuk ke bawah salah satu tuts keyboard maka tuts tersebut tidak akan berfungsi dengan biasa. Bila belum fatal kamu masih bisa membersihkannya dengan kuas, namun bila sudah parah kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Jangan menindih Barang diatas Laptop

Layar monitor laptop sangat rentan sekali mengalami kerusakan. Bila sedikit saja terinjak, meskipun tidak sengaja layar akan mengalami kerusakan. Meskipun beratnya tidak seberapa seperti buku misalnya. Hal ini tetap akan menimbulkan resiko keretakan di layar LCD, dan jika terjadi kerusakanpun biayanya lumayan mahal, karena harus ganti LCD baru.

Itulah beberapa tips merawat komputer dan laptop, jika kalian ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar,

Sekian, Wassalamu'alaikum Wr. Wb..


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Merawat Komputer atau Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Awet (Hardware)"

  1. Menjadi referensi yang bagus, gan, terimakasih telah membuat artikel yang bagus untuk saya baca, sehingga menambah wawasan

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..