Membandingan Notebook dengan Laptop Sesuai Kegunaan

Berbicara tentang Laptop dan Notebook keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sebenarnya keduanya sama saja yakni adalah sebuah komputer yang memiliki fungsi garis besarnya adalah  membantu kinerja human (manusia) agar lebih cepat dalam melakukan pekerjaan. 
Untuk ciri yang mendasar dari perbedaan keduanya adalah dalam segi bentuk dan Spesifikaasi, jika laptop bentuknya selalu lebih besar dari Notebook dan spesifikasi Notebook lebih rendah ketimbang Laptop. Dan dari perbedaan tersebut memiliki kegunaan masing masing, berikut ini perbandingannya :

Dari Segi Layar
Ukuran layar laptop dan notebook berbeda, jika laptop memiliki ukuran layar yang jelas lebih besar ketimbang notebook, biasanya kalau laptop memiliki ukuran antara 15 samapai 18 inci dan notebook antara 10 sampai 14 inci. Hal ini mempengaruhi terhadap berat laptop dan notebook, berat laptop antara 2-4 kg sedangkan notebook kurang dari 2 kg.

Dari Segi Spesifikasi
Jika dilihat dari segi spesifikasi laptop lebih unggul ketimbang notebook, untuk prosessor notebook biasanya di pasang prosessor yang standar (1.xx Ghz) hal ini membuat kinerja notebook menjadi berat dan terkadang lemot, sedangkan laptop biasanya di pasang prosessor yang cukup tinggi seperti Intel Core i Series.

Untuk VGA dan RAM laptop masih mengungguli notebook,  jika VGA di notebook biasanya satandar beda halnya dengan laptop yang memiliki VGA yang besar yakni 2gb, 4gb, hingga kelipatannya, membuat display pada laptop memiliki kerapatan pixel yang cukup bagus. Untuk RAM notebook biasanya 1gb dan ada juga yang 2gb, sedangkan laptop biasanya ada yang 4gb, 8gb, 16gb, hingga kelipatan, fungsi RAM ini sendiri ada untuk menyimpan data sementara dan juga membantu kinerja prosessor agar lebih cepat mengeksekusi perintah.

Dari Segi Support Device
Berbicara perbedaan notebook dan laptop, juga terletak pada keberadaan CD-ROM atau perangkat yang digunakan untuk memutar kepingan kaset CD atau DVD. Jika pada laptop memiliki perangkat ini berbeda halnya dengan notebook yang tidak memilikinya, karena ukuran notebook yang lebih kecil dari laptop sehingga tidak memungkinkan untuk menambahkan perngkat ini. Namun jangan bersedih buat pengguna notebook, anda masih bisa menggunakan CD-ROM kok, yakni dengan CD-ROM Eksternal.

Dari Segi Baterai
Baik laptop atau notebook sama sama menggunakan baterai untuk mensuplai daya listrik, namun untuk yang satu ini notebook mengungguli laptop yang memiliki daya baterai antara 2-4 jam sedangkan untuk notebook daya baterai bisa bertahan sampai 6 jam lebih, dan kapasitas baterai juga berpengaruh yah.

Dari Segi Penggunaan untuk Siapa?
Nah yang terakhir adalah kegunaan, baik laptop dan notebook dibuat sedemikian rupa memiliki pengguna masing masing sesuai kebutuhan. Jika anda seseorang yang bekerja sebagai Programer, Develpover ataupun Desain Grafis, anda lebih membutuhkan laptop yang “Spek”nya lebih tinggi dari pada notebook dan jika anda seorang blogger traveller atau penulis yang selalu bekerja dengan Microsoft office yang mudah dibawa kemana saja, saya sarankan memilih notebook.

Itulah beberapa perbandingan laptop dengan notebook yang perlu anda ketahui sebelum menentukan pilihan. Sampai disini dulu yah, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar,


Sekian, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membandingan Notebook dengan Laptop Sesuai Kegunaan"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..