Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool

Konsisten dalam membuat postingan artikel adalah menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan peringkat blog pada hasil pencarian di search engine seperti Google. Dan agar pencarian yang kita posting dapat cepat terindex dengan cepat di mesin pencarian Google, kita harus mendaftarkan Blog ke Google Webmaster.


Google Webmaster tool merupakan sebuah tool yang disediakan Google, untuk membantu para webmaster agar blogger atau situs web yang dikelolanya mudah dikenali dan ditemukan oleh mesin pencarian Google. Hal ini penting dilakukan tujuannya agar setiap halaman yang ada di dalam blog lebih cepat terindex oleh mesin pencari Google.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster tool

Pertama, silahkan login dengan akun anda ke blogger dengan menggunakan blog yang akan di daftarkan, kemudian untuk memulai langkah awal silahkan mengunjungi Google Webmaster atau klik disini.

Kedua, Setelah halaman Webmaster terbuka, jika anda pertama kali masuk ke Google Webmaster Tool maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini, pada kotak ADD A SITE silahkan masukan alamat URL blog anda misalnya punya saya "www.jejaklangkah.info" yang akan di daftarkan, lalu kik ADD A SITE.


Ketiga, Berikutnya setelah Add Property maka akan muncul halaman verifikasi silahkan anda pilih HTML tag, seperti yang terlihat pada gambar dibawah, 



Anda copy kode HTML tag yang ada di dalam kolom verifikasi, kemudian buka dashboard blog anda pilih Tema > Edit HTML dan pastekan kode tadi tepat dibawah kode <head> pada template blog. 



Keempat, Berikutnya anda kembali ke halaman Webmaster Tool kemudian klik "VERIFIKASI" seperti pada gambar dibawah ini.



Done!, anda pun berhasil mendaftarkan blog anda ke Webmaster.

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster

Setelah berhasil mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mensubmit Sitemap atau peta situs blog anda ke Google Webmaster Tool agar postingan yang anda buat cepat terindex di Google, dan untuk langkah-langkahnya :

Pertama, Anda masuk lagi ke akun webmaster tool, kemudian pilih pada bilah menu sisi kiri Crawl / Perayapan, dan pilih submenu Sitemap / Peta situs seperti pada gambar dibawah ini.


Kedua, Pilih button TAMBAHKAN / UJI PETA SITUS, masukkan URL sitemap blog anda, untuk blogspot menggunakan peta situs :
"http://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml,"  seperti pada gambar diatas kemudian tekan Kirim / Submit Sitemap, Selesai.


Untuk melihat hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari, sedikit tips dengan bertambahnya artikel untuk postingan, anda harus selalu mere-submit peta situs atau sitemap di Google Webmaster Tool, agar setiap artikel yang baru anda terbitkan cepat terindex / dikenali oleh mesin pencari Google"

Itulah "Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster" jika anda mengalami kesulitan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, 
Terima kasih sudah berkunjung..


Sekian dulu, Wassalamu'alaikum Wr. Wb..

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mendaftar Di Google Webmaster Tool"

  1. sangat membantu tutorial ini agar blog cepat ke index di google

    BalasHapus
  2. terima kasih gan infonya, kebetulan lagi cari ini artikel

    BalasHapus
  3. wah blognya sangat keren dan fast loading di tunggu kunjungan baliknya kang, salam sukses dari anak jawa tengah ijin share artikel kang karena sangat bermanfaat di tunggu kunjungan baliknya kang

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..