Cara Mudah Backup dan Restore Data pada Android

Selamat malam sahabat JL..

Oh iya kalian pernah tidak mengalami kehilangan file yang penting akibat kelupaan belum di backup ketika kita mau install ulang HP / ganti ROM pada Xiaomi ataupun ketika ganti HP? Pernah? Gimana perasaaan kalian, Kecewakan?. Nah kali ini aku akan memberikan tutorial backup data yang mudah di pahami guys, dan aku disini menggunakan Device Xiaomi.

Oke langsung saja kita mulai guys, backup data ini bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi jenis apapun, mau Xiaomi Redmi 1s, Redmi 2, Redmi 3, Redmi Note 2, Xiaomi Mi 4i, dan ponsel Xiaomi yang lain. Karena disini contoh tutorialnya menggunakan Redmi 3S ya guys.


Cara mudah Back up data pada Android

Pertama, Kita masuk ke menu Settings >> Additional settings >> Backup & reset.
Langkah 1

Kedua, Pilih Menu Local backups >>  Backup.
Langkah 2

Ketiga, Masuk Menu Backup di situ ada 2 Menu backup, System dan Apps. Namun Jika anda login Account google atau MIUI maka pilihan menu backup ada tambahan account & contact, tapi disini aku tidak login account jadi untuk tambahan menu backup account & contact tidak ada. Anda bisa menentukan apa saja yang ingin di backup, disini aku memberikan contoh hanya beberapa system yang aku backup lalu pilih OK, untuk Menu Apps tidak aku backup jadi tidak usa di centang.
Langkah 3

Keempat, Jika sudah dipilih Menu apa saja yang ingin di backup, anda tekan Backup maka proses backup akan berjalan, tunggu sampai proses backup selesai baru pilih Finish.
Langkah 4

Kelima, Jika proses membackup sudah selesai, maka file backup tadi akan tersimpan pada memori internal telepon. File backup ini berada pada folder MIUI >> backup >> AllBackup >> Data Backup. Atau lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Langkah 5

Agar lebih aman lagi, sebaiknya file / folder hasil backup tersebut anda salin ke PC / laptop, atau bisa juga ke perangkat lain. Karena untuk proses update terutama untuk ganti ROM, yang menggunakan Mi Flash Tool (proses flashing) ini akan menghapus semua data yang berada di internal ataupun ketika anda factory reset disarankan untuk membackup data dahulu.

Setelah proses backup data selesai, selanjutnya bagaimana cara merestore data yang telah kita backup tersebut? Jadi, setelah anda melakukan update ROM Xiaomi, atau melakukan Factory reset, ataupun ganti HP. Anda masih punya salinan file backup, salin lagi file backup tadi ke internal memory, dan berikut adalah cara restore data aplikasi Smartphone Xiaomi.



Cara Restore pada Android

Pertama, Sama seperti proses backup, masuk ke Settings >> Additional settings >> Backup & reset.
Jejak 1

Kedua, Pilih Local backups >> pilih File backup >> Restore. Seperti gambar dibawah ini.
Jejak 2

Ketiga, Maka proses restore semua data dan aplikasi hasil backup anda akan berlangsung, tunggu hingga proses selesai 100% lalu pilih Finish.
Jejak 3

Done!!, Maka semua data-data maupun aplikasi anda akan kembali pada ponsel seperti yang anda inginkan.

Itulah tutorial tentang Backup dan Restore data pada HP Xiaomi, jika ada yang tidak mengerti silahkan tanyakan di kolom komentar..


Sekian, Wasalamu'alaikum Wr. Wb..

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mudah Backup dan Restore Data pada Android"

  1. lah cara resote nya gimana gan

    BalasHapus
  2. waaah terimakasih banyak gan gua bingung cara backup android ehh jumpa tutorialnya disini makasih gan

    BalasHapus
  3. wah, lengkap nih tutorialnya makasih gan ilmunya...

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..