5 Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charge


Smartphone atau ponsel merupakan salah satu perangkat mobile yang paling banyak digunakan setiap hari. Baik itu untuk bekerja, main games atau bahkan hingga chatting. Ketika smartphone sering digunakan tentu baterainya akan dengan mudah terkuras habis, meskipun smartphone yang kamu miliki dibekali dengan daya baterai cukup besar. 


Smartphone tidak bisa di charge merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan ketika penggunaan smartphone sudah terlalu lama. Hal seperti ini tentu akan sangat mengganggu, terlebih lagi ketika kamu sedang dalam keadaan mendesak untuk menggunakannya.



Jika kamu mengalami kejadian seperti ini, coba simak dan praktekan beberapa langkah mudah mengatasi smartphone tidak bisa di charge dibawah ini.

Beberapa tips mengatasi smartphone yang tidak bisa di charger

Muat Ulang atau Restart Smartphone




Hal pertama yang harus kamu coba lakukan ialah dengan memuat ulang/restrart atau mematikan dan menyalakan ponselmu. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan sampah atau chace yang menumpuk dalam RAM ponsel. Karena besar kemungkinan jika smartphone tidak bisa di charge karena RAM sesak.

Periksa Port USB Smartphone




Langkah yang satu ini jarang sekali dilakukan atau bahkan ditemukan oleh pengguna smartphone. Penumpukan debu atau posisi port USB ponsel yang mulai longgar bisa menjadi salah satu penyebab smartphone tidak bisa di charge. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa meniup port USB ponsel untuk menghilangkan debunya atau mendorong port USB dengan lidi atau tusuk gigi guna mengembalikan posisi port USB ke semula.


Periksa Adapter Charger



Hal ini patut dilakukan terlebih lagi bagi kamu yang mengisi daya ponsel dengan charger yang bukan merupakan bawaan dari smartphone. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan adapter charger bawaan, namun jika masih gagal atau tidak berhasil, sebaiknya ganti adapter charger dengan adapter charger yang memiliki  Ampere lebih besar.

Periksa Sumber Daya




Sebelum melakukan pengisian baterai smartphone, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa sumber daya atau colokan yang kamu gunakan memang memadai. Ketika sumber daya lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh adaptor, maka hal yang wajar bila smartphone tidak bisa di charge

Sebaiknya hindari melakukan hal tersebut, karena sumber daya yang rendah dapat dengan mudah merusak baterai smartphone. Sangat dianjukan untuk menghindari charge smartphone menggunakan komputer atau laptop.

Pakai Dekstop Charger




Jika semua cara diatas masih tidak bisa juga untuk diterapkan pada smartphone yang tidak bisa di charge maka port USB atau adapter charger smartphone yang kamu miliki bermasalah. Solusi terakhir yang paling pamungkas ialah dengan mengisi daya baterai menggunakan desktop charger. Desktop charger ini bisa kamu gunakan ketika kamu menggunakan smartphone yang bisa dilepas baterainya.


Bagaimana? sudah menemukan trik dan cara yang paling tepat untuk mengatasi smartphone tidak bisa di charge ? Namun bila cara – cara diatas masih tidak bisa mengatasi permasalahan baterai ini, mungkin sudah saatnya kini untuk membeli smartphone baru. 


Sekian, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charge"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..