Mematikan Komputer tanpa Shutdown


Mematikan komputer  tanpa shutdown sering kali dianggap hal yang sepele dan lumrah dilakukan. Namun tahukah kamu bila hal ini terus menerus dilakukan justru akan menimbulkan bahaya pada perangkat yang kamu gunaan. 

Menekan tombol power dengan lama untuk mematikan komputer dengan paksa merupakan hal yang salah untuk dilakukan, berikut ini akibatnya jika kamu tetap melakukannya :


Rusaknya Power Supply
Ketika proses Shutdown berlangsung prosesor akan memberikan perintah kepada BIOS untuk menghentikan semua pekerjaan komponen peralatan, sehingga daya atau arus yang terpakai akan diputus secara normal. Namun ketika kita mematikan komputer tanpa shutdown atau secara paksa, daya dan arus akan dimatikan atau diputus dengan tidak normal.

Registry Berantakan
Komputer akan melakukan registrasi ulang pada komputer yang terpakai ( digunakan) dan software serta data yang diapakai atau yang dihapus. Jika kita mematikan komputer tanpa shutdown, maka software dan komponen yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

Hard Disk Mengalami Bad Sector
Komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi ke dalam Hrd disk ketika proses shutdown. Namun jika mematikan komputer tanpa shutdown kamu bisa membayangkannya sendiri bukan. Silinser pada hard disk akan mengalami kerusakan atau biasa disebut dengan Bad Sector.

Memory Atau RAM Bisa Rusak
Ketika proses Shutdown komputer sistem memori akan dikosongkan sehingga ketika komputer dipakai kembali maka memori atau RAM sudah dalam keadaan yang prima. Namun bila kita mematikan komputer tanpa shutdown maka besar kemungkinan memori akan dengan mudah mengalami kerusakan.

Prosesor Rusak
Fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat pada saat melakukan proses shutdown untuk melakukan proses pendinginan pada prosesor. Jika kita mematikan komputer dengan dipaksa, maka pendinginan proses tidak akan bekerja secara normal, maka lama kelamaan prosesor bisa mengalami kerusakan.

Itulah beberapa akibat yang akan terjadi jika kamu tetap mematikan komputer tanpa shutdown, Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

Oke sekian dulu, Wassalamu'alaikum Wr. Wb..


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mematikan Komputer tanpa Shutdown"

  1. Wah ternyata selama ini salah ya. Thx gan infonya

    BalasHapus
  2. masih banyak pengguna pemula dan orang tua yang belum begitu paham tentang kopmputer melakukan hal ini dan akibatnya fatal. Sangat bermanfaat infonya.

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..