3 Hal Perbandingan dari 32-bit dan 64-bit yang Penting Kamu Ketahui


Pada zaman yang semakin modern ini, kita di tuntut untuk memahami teknologi yang semakin berkembang ini, baik dari segi device maupun sistem itu sendiri. Dan  di era yang serba canggih ini membuat penggunaan khususnya komputer semakin luas, dan komputer ini sendiri bertransformasi menjadi bermacam-macam device seperti Smartphone, Smart Tv dll.



Kali ini yang ingin saya bahas adalaaaah… “32 dan 64-bit” pada komputer  kira-kira seperti apa? nah pernahkah anda berpikir apa perbedaan antara 32 dan 64-bit? Apalagi bukan hanya komputer saja yang memiliki versi 32-bit dan 64-bit, tapi Smartphone terbaru juga tersedia untuk versi yang 64-bit.

Dan selanjutnya langsung saja kita bahas ya, bit merupakan pengolahan informasi pada komputer yang dijelaskan dalam bentuk kode binary, gambaran mudahnya tentang bit adalah dua basis angka biner ( 1 dan 0 ) dalam teori komputasi dan digital. Sebagai contoh sebuah processor yang ukuran 32-bit dapat memproses sebesar 32 digit dalam pemakaiannya.

Berikut ini beberapa perbandingan versi 32-bit dan 64-bit pada windows, yakni :

Dari Segi Processor / CPU

Jika dilihat dari segi processing data,  maka perbedaan processor dengan versi 32-bit dan 64-bit adalah terletak pada kemampuan dalam memproses data tersebut. Seperti pada versi 32-bit, data yang dapat diproses adalah sebesar 64 nilai komputasi dalam satu kali siklus pemrossesan data. Sedangkan pada versi 64-bit, data yang dapat diproses jauh lebih banyak jika disbanding 32-bit, yaitu sebesar 256 nilai komputasi dalam satu kali siklus pemrosesan data.

Processor dengan arsitektur data 64-bit dapat menampung perintah pemrosesan data lebih banyak dari pada processor 32-bit. Selain itu, pada processor 64-bit telah dilengkapi dengan fitur PatchGuard yang dapat berfungsi untuk mencegah adanya virus malware yang berusaha mengubah kernel yang terletak pada system.

Dari Segi Kinerja

Dari segi kinerja maka perbandingannya terletak pada penggunaan RAM (Random Access Memory), jika pada versi 32-bit hanya bisa menggunakan RAM sebesar 4gb *maksimal sedangkan pada versi 64-bit anda dapat menggunakan RAM hingga sebesar 128gb. Dan jika anda  menggunakan RAM lebih dari 4gb di komputer dengan processor 32-bit, maka  RAM pada sistem akan tetap terbaca sebesar 4gb saja.

Dari Segi Software Pendukung

Dari segi software aplikasi, baik dari versi 32-bit dan 64-bit memiliki perbedaan masing masing. Pada versi 32-bit untuk dukungan software aplikasi sudah tidak perlu ditanyakan lagi, mengapa? Karena dari awal pengembangan versi terlebih dahulu dari 32-bit yang hingga sekarang ini memiliki bermacam-macam aplikasi pendukung. 

Sedangkan untuk 64-bit dukungan software juga sudah ada dan masih dikembangkan untuk versi 64-bitnya, dan umumnya untuk software yang support 64-bit adalah software yang terbaru dari versi software sebelumnya.

Untuk software yang mendukung processor 32-bit bisa juga dijalankan pada komputer dengan processor 64-bit tetapi untuk sebaliknya, jika software aplikasi 64-bit dijalankan pada versi 32-bit maka software tersebut tidak akan berjalan pada versi 32-bit.

Itulah perbandingan antara versi 32-bit dan versi 54-bit, oh iya satu tambahan dari saya untuk grafis versi 64-bit juga jauh lebih unggul dari versi 32-bit, hal ini karena terletak pada faktor pemrosesan data pada versi 64-bit memiliki nilai komputasi lebih banyak ketimbang 32-bit.


Sekian dulu postingan mengenai perbedaan 32-bit dan 64-bit, dan jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Hal Perbandingan dari 32-bit dan 64-bit yang Penting Kamu Ketahui"

  1. banyak menambah informasi terkait perbedaan 32 dan 64 bit
    baru tahu saya

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..