4 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas bagi Website Anda

Membuat website yang banyak pengunjungnya tentunya menjadi sebuah primadona bagi banyak webmaster atau blogger. Karena memang kita membuat website bertujuan agar ada orang yang mau mengunjungi kita dan tentunya kita dapat penghasilan dari adsense. Kecuali, kita privasi dan hanya sekedar untuk berbagi sebagai “diary pribadi” kita saja.
Apa itu artikel yang berkualitas? Artikel berkualitas adalah artikel dengan jumlah kata dan kalimat yang lebih detail atau lengkap, mudah dimengerti dan juga mudah dibaca. Selain itu, konten artikel berkualitas yang SEO friendly juga memiliki data valid sebagai data pendukungnya.

Cara membuat artikel yang berkualitas sebaiknya mampu menghilangkan kata dan kalimat yang tak perlu atau bertele-tele. Membuat artikel yang berkualitas bagian dari teknik belajar SEO juga, hindari membuat konten artikel dengan kalimat atau kata rumit. Basa-basi memang perlu asal tetapi tidak berlebihan, agar pengunjung merasa lebih nyaman dan tidak bosan.

Umumnya konten artikel panjang lebih berkualitas walaupun membosankan untuk dibaca, misal, artikel dengan jumlah kata 2000+ memiliki pembahasan yang lebih detail dan mendalam seperti halnya E-book. Tidak semua orang mampu dan mau membuat artikel di blog/web dengan kerangka artikel panjang. Ada banyak faktor, mulai dari keterbatasan ide karena sumber referensi bacaan yang minim, sampai dengan keterbatasan waktu.

Sekarang yang akan kita pelajari adalah dasar tentang cara pembuatan artikel yang berkualitas agar menarik minat pengunjung atau pembaca,

1. Pelajari Karakter Calon Pembaca
Sebelum memulai membuat artikel ada baiknya anda harus memahami untuk siapa artikel tersebut dibuat? Apakah untuk anak-anak sekolah, orang dewasa atau ibu rumah tangga. Nah setelah anda tentukan, barulah anda dapet menulis sebuah artikel sesuai dengan yang anda tujukan, ambil contoh anak sekolah maka untuk penulisannya gunakan bahasa yang lebih santai dan jangan terlalu kaku agar pembaca tidak merasa aneh.

2. Mencari Referensi
Membuat artikel juga membutuhkan sumber dari sebuah informasi! Jangan asal membuat artikel dengan sumber yang tidak jelas atau hoax, karena hal tersebut akan membuat pengunjung tidak percaya dengan artikel yang anda buat dan akan mengakibatkan artikel yang anda buat akan di skip oleh si pembaca.

Supaya artikel memiliki bobot yang berkualitas, kita perlu untuk membaca lebih banyak mengenai informasi yang sesuai dengan isi pembahasan artikel kitayang kita buat. Carilah referensi sebanyak mungkin agar dapat memberikan informasi yang valid, update, dan memiliki landasan isi yang berbobot sehingga pengunjung merasa puas dengan artikel yang telah dibaca.

3. Format Penulisan Artikel
Nah, ini juga tidak kalah penting untuk membuat sebuah artikel. Perhatikan potongan artikel yang saya temukan dibawah ini.

Membicarakan sistem hidrolik berarti membicarakan teknologinya juga yang berhubungan dengan penggunaan dan karakteristik/sifat-sifat cairan (liquid). Zat cair ini digunakan untuk melakukan sebuah gerakan segaris maupun berputar. Dengan ditemukan hukum Pascal yang meng-hypotesa-kan bahwa tekanan yang diterima diseluruh permukaan akibat cairan adalah sama, maka pemanfaatan sebuah cairan akan semakin beragam. Cairan bisa berfungsi sebagai penerus untuk tenaga (transmitting power), melipat gandakan tenaga (multiplying force) juga dapat berfungsi untuk merubah gerakan (modifying motion). Sehingga pada jaman industri modern ini penggunaan sistem dan alat-alat hidrolik sudah semakin luas jangkauannya. Beberapa kelemahan yang terdapat pada sistem hidrolik, antara lain :  Rawan terhadap kecelakaan yang berakibat tekanan tinggi dari fluida (high pressure liquid) Kebocoran kecil yang bisa berakibat fatal baik pada pemindahan tenaga maupun penyebab lain kecelakaan.   Sistem hidrolik memerlukan beberapa bagian dengan tingkat presisi tinggi dan membutuhkan perawatan yang sangat intensif sehubungan dengan iklim atau cuaca supaya tidak mudah terkena karat, kotoran dan pencemaran oli.

Setelah membaca artikel tersebut apa yang anda rasakan? Susah dibaca walaupun topiknya menarik, jadinya? Pengujung akan memilih mencari artikel lainnya yang enak untuk dibaca. Pastikan untuk menulis sebuah artikel perhatikan hal-hal berikut :
  • Tulisan jangan terlalu kecil, perlu diingat! Ketika anda menulis artikel untuk huruf jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar, tetapi sesuaikan dengan si pembaca. Jika si pembaca adalah orang tua yang usia lanjut, ya jangan menulis artikel dengan ukuran yang kecil.
  • Jarak antara baris jangan terlalu pendek, terkadang jarak tulisan membuat si pembaca jenuh apalagi bagi pembaca yang lanjut usia, hal tersebuat akan menyiksa mereka! Maka sebaiknya gunakan jarak yang tidak terlalu rapat antar barisnya.
  • Gunakan jenis font yang mudah untuk dibaca dibaca, Font memiliki ratusan jenis dan beranekara bentuk. Tetapi untuk penulisan artikel gunakanlah font yang mudah dibaca, dan jangan gunakan font yang belibet.

4. Relevan
Jika anda menulis sebuah artikel yang berjudul "cara membuat proposal yang baik", maka anda perlu melakukan sebuah pengembangan kata kunci tersebut. Jangan sampai artikel yang anda buat itu justru melebar ke luar topik/tema  yang telah ditentukan.

Membuat artikel yang relevan juga merupakan bagian terpenting dari beberapa faktor penentu kualitas suatu konten artikel, apakah layak atau tidak untuk dibaca oleh pengunjung. Relevansi sebuah artikel juga bagian penting untuk menjadi penentu peringkat artikel di mesin pencarian, oleh karena itu pastikan membuat artikel yang relevan sesuai dengan tema.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pembuatan artikel yang berkualitas, jika kalian setuju atau ingin menambahkan saran mohon sampaikan dikolom komentar.


Sekian dulu,,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas bagi Website Anda"

  1. Pas banget buat saya yang masih pemula soal penulisan artikel, thanks gan infonya, mantabb

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..