Jenis Jenis Media Penyimpanan Data pada Komputer


Media Penyimpanan merupakan sebuah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat atau media yang dapat menyimpan data dan program dimana data atau program yang disimpan tersebut dapat dibaca dan dibuka kembali untuk diproses di komputer ataupun laptop.

Media Penyimpanan Komputer tersebut mempunyai beberapa macam medianya, tetapi dalam komputer alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data, yaitu :

1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)

Magnetik Disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern saat ini, satu contoh adalah harddisk saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan tinggi. Dan sebuah read-write head yang ditempatkan tepat di atas permukaan piringan hitam untuk membaca data tersebut.
Untuk permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector, dan berikut macam - macam Magnetik disk komputer yang sering kita jumpai :
a.  Floppy Disk (Disket)
Merupakan media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras, disket dulu sangat poluper di awal tahun 2000an.
b.  Harddisk
Media utama penyimpan berbagai data dan program computer, harddisk mampu untuk menampung data dalam jumlah yang sangat besar dengan kecepatan akses yang tinggi. Harddisk biasanya berkapasitas mulai dari 320gb, 500gb, 1 Tera (1024gb) dan seterusnya, serta harddisk bersifat non-volatile.
c.  Harddisk Eksternal
Media penyimpanan sama halnya Flashdisk yang menggunakan media penghubung berupa USB dan ukurannya lebih tipis dari hardisk Komputer, untuk kapasitasnya sama seperti harddisk yang bisa dipakai dimana saja baik komputer ataupun laptop.
d.  SSD (Solid State Drive)
SSD adalah inovasi terbaru dari media penyimpanan data saat ini, SSD adalah media penyimpanan data yang menggunakan Integrated Circuit (IC) yang dirakit sebagai memory yang dapat menyimpan data secara presisten.
Harddisk menggunakan komponen elektromekanis yang terdapat di platter yang berputar, dan head akan bergerak untuk membaca dan menulis pada disk, sedangkan SSD sudah tidak lagi menggunakannya.

2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)

    Optical Disk merupakan media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan metode sinar laser, yang bertenaga rendah dan menggunakan optic. berikut ini macam - macam optical disk :
a.  CD (Compact Disk)
Suatu disk yang tidak dapat dihapus yang menyimpan informasi audio yang telah di digitasi. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti.
b.  CD-ROM (Compact Disk Read-Only Memori)
CD-ROM adalah disk yang tidak dapat dihapus, untuk menyimpan data dari computer dan system standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung lebih dari 500mb.
c.  CD-R (Compact Disk Recordables)
Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, kapasitas sama dengan CD lainnya.
d.  CD-RW (Digital Vidio Rewritables)
Merupakan generasi CD yang dapat ditulis berulang kali sehingga memduahkan kita untuk menambahkan file tertentu.
e.  DVD (Digital Vesatile Disk)
Salah satu jenis CD yang memiliki pita data yang lebih kecil, spiral data yang lebih rapat hingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 4,7gb. DVD juga menggunakan laser merah yang berukuran lebih kecil dari CD biasa dan kualitas yang dihasilkanpun juga lebih baik dari CD model lain.

3. Cloud Storage (Media Penyimpanan Awan)

     Cloud Storage atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja (daring), dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet. Keuntungan dari Cloud Storage adalah kita tidak perlu repot-repot membawa flashdisk atau harddisk, tapi kita cukup terkoneksi dengan internet untuk mengaksesnya.
Berikut ini adalah contoh beberapa Cloud Storage yang paling popular saat ini, berikut penjelasannya :
a.  Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012, Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5GB dan dapat ditambahkan dengan membeli paket premium.
b.  iCloud
iCloud adalah layanan komputasi awan (Cloud Computing) dan penyimpanan awan (Cloud Storage) dari perusahaan Apple, iCloud diluncurkan pada 12 Oktober 2011 menggantikan layanan Cloud sebelumnya yang bernama MobileMe, yang telah dihentikan pengembangannya. 
Cloud Computing ini adalah bentuk sinkronisasi data tanpa perlu menghubungkan kabel dan menekan tombol "sync" seperti yang dulu kita lakukan.
c.  Dropbox
Dropbox adalah sebuah tempat penyimpanan media dalam awan (cloud), dan sarana untuk sinkronasi antar perangkat. Dan dropbox juga dapat menyimpan banyak file yang berbentuk gambar, musik, video, document, program maupun aplikasi dapat anda upload di dropbox.
Dengan memanfaatkan layanan cloud storage, Anda dapat mengupload file dimanapun dan kapanpun serta melakukan backup dan restore data dari berbagai jenis perangkat dengan platform yang beragam

Selain 3 Kategori media penyimpanan tersebut di atas ada beberapa media penyimpanan yang juga sering kita gunakan saat ini, yakni sebagai berikut :
a.  Flashdisk
Media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk  dihubungan pada komputer melalui  USB (Universal Serial Bus), akses datanya lebih cepat daripada CD/DVD.
b.  MMC (Memory Card)
MMC merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai oleh peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video game console.
c.  Zip Drive
Media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB
d.  RAM
RAM adalah memori yang menyimpan data sementara yang sering digunakan untuk memepercepat pengambilannya oleh prosesor, RAM dianggap tempat memory volatile atau sementara, karena isi dalam RAM akan hilang ketika power komputer dimatikan. 

Nah itulah postingan mengenai media penyimpanan computer, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Sekian, Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Jenis Media Penyimpanan Data pada Komputer"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..