Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk untuk Windows

Ketika ketika terbiasa menginstall windows di komputer / laptop dengan menggunakan Legacy / DVD, maka patut dicoba untuk menginstall windows dengan menggunakan Bootable USB Flashdisk menggunakan sistem UEFI. Karena untuk laptop seri terbaru untuk menginstall windows ada beberapa harus lewat bootable menggunakan UEFI.
Selanjutnya, yang perlu dipersiapkan untuk membuat bootable UEFI adalah Flashdisk (harus kosong), Windows yang ekstensi .iso, sama yang terakhir adalah rufus

Rufus adalah sebuah program / utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flashdisk menjadi sebuah bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.

Rufus memang sangat bermanfaat. Sebagai contoh, rufus dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan UNetbootin, Universal USB Installer ataupun Windows USB download tool, dalam membuat media untuk instalasi USB Windows dari sebuah ISO.

Perlu diketahui juga, ada 2 partisi yakni GPT dan MBR merupakan jenis sebuah partisi yang berada dalam sebuah Harddisk. Berikut penjelasannya singkatnya :
  • Partisi GPT merupakan kepanjangan dari "GUID PARTITION TABLE". Partisi ini merupakan jenis sistem computer yang berbasis Unified Exstansible Firmware Interface atau UEFI.
  • Sedangkan MBR adalah kepanjangan dari "MASTER BOOT RECORD" dimana dapat bejalan pada sistem komputer berbasis legacy.

Jika semuanya sudah siap, mari kita mulai..
1. Pastikan sudah menyiapkan USB flashdisk yang kosong atau jika masih terdapat data di dalamnya, silahkan dibackup terlebih dahulu. Karena rufus akan mengosongkan terlebih dahulu flashdisk kita sebelum memuat windows setup. Untuk kapasitas, menyesuaikan dengan size file ISO Windows setup nya. Saya sarankan untuk menggunakan flashdisk yang berukuran 8GB.


2. Hubungkan USB ke komputer dan jalankan Rufus yang sudah di download.

3. Di bagian Partition Scheme and Target System Type pilih GPT Partition Scheme for UEFI. Sebenarnya kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri, namun disini yang akan kita buat adalah Bootable UEFI dan GPT Partition.


4. Klik ikon CD/DVD Drive untuk mencari direktori letak file ISO Windows 10. Jika sudah, pada bagian bawah akan muncul nama file ISO-nya.



Setelah selesai, klik saja tombol Close untuk mengakhiri dan bootable siap digunakan untuk menginstall windows dengan system UEFI serta GPT Partition Scheme. 

Itulah cara mudah untuk membuat bootable flashdisk dengan UEFI, jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Sekian, Wassalamu;alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk untuk Windows"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..