Indahnya Telaga 3 Warna, Tulungagung

Berbicara Tulungagung tentang objek wisata maka tidak akan pernah ada bosen bosennya, selain meiliki objek wisata pantai serta objek wisata pegunungan. Tulungagung juga memiliki tempat destinasi wisata baru berupa telaga yang layak untuk di kunjungi.


Objek wisata Telaga Warna ini berada di Desa Panggunguni Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Dan Lokasi  objek wisata ini dulunya merupakan bekas galian tambang batu tembaga.


Kawasan galian tambang ini lumayan luas dan lubang pada bekas galian tersebut terisi air yang berubah menjadi sebuah telaga yang memiliki keunikan warna masing masing. Terdapat tiga warna air yang berada di lokasi wisata tersebut, diantaranya warna hitam, biru dan hijau.


Namun dibalik keindahan warna air tersebut, telaga warna juga menyimpan sebuah bahaya yang dapat mengancam. Menurut Ahli Geologi Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (PUESDM) Kabupaten Tulungagung, memperingatkan kepada para pengunjung yang datang ke Telaga Warna tersebut agar tidak berenang atau mengonsumsi air telaga tersebut.

Dikarenakan air telaga tersebut ternyata mengandung  zat kimia berbahaya dan beracun apabila terkena kulit dapat mengakibatkan lecet, apalagi jika diminum tentu sangat berbahaya sekali.


Selain menjadi obyek wisata yang banyak di kunjungi para wisatawan, masyarakat sekitar juga seringkali mencari bahan baku untuk batu akik dengan jenis lazuli. Namun pencarian tersebut sebatas mengais bongkahan batu bekas dari galian terdahulu. Dan tidak diperbolehkan menggali lagi karena dapat membuat kondisi penambangan jadi liar dan tidak terkendali.

Itulah tentang bagaimana keindahan Telaga Warna yang saya kunjungi beberapa waktu lalu dan semoga informasi ini bermanfaat,

Sekian, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indahnya Telaga 3 Warna, Tulungagung"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..