3 Cara melihat Spesifikasi Laptop

Saat anda ingin menginstall sebuah program aplikasi atau game, terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa komputer atau laptop yang anda miliki mempunyai spesifikasi yang mumpuni untuk menginstall aplikasi atau game tersebut. Jika dipaksakan untuk menginstall program yang spesifikasinya katakanlah high, tanpa kita tahu spesifikasi komputer kita maka akan berdampak pada kinerja komputer anda.

Ada banyak cara untuk melihat spesifikasi komputer di Windows 7, 8 ataupun 10 dengan mudah, ada yang menggunakan software aplikasi untuk melihat spesifikasi komputer ada juga dengan memanfaatkan tools bawaan di windows. Kali ini saya akan berbagi beberapa cara untuk melihat spesifikasi komputer di windows dengan mudah dan lengkap.

Ok langsung saja kita mulai, berikut ini  ada 3 cara yang sering saya gunakan untuk melihat spesifikasi pada komputer :

Pertama, dengan Cara Sederhana yaitu dengan klik kanan pada menu My Computer (pada Windows 7) atau This PC (Pada Windows 8/10) lalu pilih Properties atau lebih mudahnya tekan tombol Start/Windows+Pause Break di keyboard anda, maka akan tampil deskripsi komputer kita beserta windowsnya seperti pada gambar dibawah ini.


Kedua, dengan menggunakan dxdiag. Tekan tombol keyboard Windows+R, lalu muncul jendela RUN ketikan "dxdiag" (tanpa tanda petik) lalu  OK/Enter.


Maka akan muncul windows DirectX Diagnostic Tool, disitu terlihat lengkap spesifikasi Komputer atau Laptop kita mulai dari Processor, RAM, VGA, Sound, BIOS, Merk dan Jenis Board, Operating System dan lain sebagainya seperti pada gambar di bawah ini.


Ketiga, dengan menggunakan software aplikasi Piriform Speccy  untuk  mengunduh klik disini. Setelah terunduh anda bisa langsung menginstallnya. oh iya, Speccy ini freeware jadi anda bebas mengunduhnya. Jika proses installnya selesai anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut dan tampilanya seperti gambar dibawah ini.


Speccy menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer anda lebih lengkap dan terperinci. Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, Speccy menampilkan semua deskripsi perangkat keras yang terdapat pada laptop saya.

Itulah cara untuk melihat spesifikasi pada komputer atau leptop, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.


Sekian dulu ya, Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Cara melihat Spesifikasi Laptop"

  1. kalo saya seringnya yg pake cara pertama. lebih mudah
    cara yang k2 dan k3 belum pernh praktekkin :(

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..