Perbandingan Blogspot vs Wordpress

Dunia blog memang sudah ada sejak dulu sekali dan beberapa orang sudah mulai menggeluti dunia ini, namun ada saja yang sampai sekarang menanyakan tentang apakah blogging menggunakan ini prospektif atau tidak. Mereka selalu bertanya untuk yang terbaik  tanpa melakukan aksi yang nyata.
Ada banyak platform penyedia blog yang bisa menunjang kamu untuk menjadi blogger yang sukses. Namun ada dua diantara yang sangat banyak sekali penggunanya yakni, Blogger dan Wordpress. Oleh karena itu sebelum memulai membuat blog ada baiknya anda tahu platform mana yang sesuai untuk anda, dan disini akan dijelaskan beberapa keunggulan masing-masing antara blogspot dan wordpress untuk memudahkan anda menentukan mana yang cocok untuk anda.

Berikut adalah perbandingan keunggulan antara blogspot dan wordpress :
Blogspot
Wordpress
Merupakan platform milik google yang bisa kamu pakai secara gratis. Banyak sekali para blogger yang saat pertama kali ngeblog memilih platform ini, karena dari latarbelakang memang lebih cepat terindex ketimbang yang lain. Cara penggunaanya juga mudah dan platform ini sangat mudah dimodifikasi.

Merupakan platform milik Automattic.Inc dan tersedia juga secara gratis dan berbayar. Desain lebih bagus namun lebih berat ketimbang blogspot dan wordpress merupakan platform terfavorit diantara yang lainnya.
Blogspot manjadi pelopor untuk istilah blogger itu mulai muncul dikalangan dunia maya. Banyak para blogger yang sampai saat ini masih betah di platform ini karena memang penggunaannya mudah dan yang paling penting adalah SEO Friendly.

Wordpress mempunyai plugin untuk kebutuhan SEO. Harus diakui plugin ini sangat memudahkan dalam proses optimisasi onpage
SEO Friendly maksudnya adalah google akan mengirim langsung jika ada orang yang mencari suatu topik yang ternyata ada di blog kamu. menguntungkan bukan?

Untuk Komentar wordpress mempunyai banyak kelebihan di sini. Selain bisa di moderasi, komentar juga bisa diedit. Selain itu proteksi spamnya juga sudah terkenal (walaupun kadang agak keras). Form komentar dari wordpress juga lebih visitor friendly

Jika anda ingin membuat blog komunitas atau nge-blog rame-rame. Blogspot memfasilitasi akses lebih dari satu akun google+ untuk satu blog, dan ini sangat bagus untuk mengembang komunitas menjadi cepat besar.

Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh wordpress  lebih besar ketimbang blogspot, yaitu 3GB lebih besar ketimbang blogspot yang hanya 1GB, dan kapasitas ini masih dapat diperbesar bila melakukan upgrade.

Jika anda menyukai dashboard yang ringan dan jika anda juga tidak terlalu   membutuhkan informasi paling update tentang perkembangan statistik blog anda via mobile app, pilihlah blogspot.

Jika anda rasa perlu memantau statistik blog anda kapan pun, dimana pun, dengan perangkat Mobile anda, wordpress jelas rajanya. Mobile app yang ditawarkan jelas jauh lebih unggul ketimbang blogspot.


Kalau menurut saya pribadi, saya lebih Preference ke Blogger salah satu alasan yang paling mendasar karena dukungan dari GOOGLE, tapi Wordpress juga bagus kok, jika ingin desain web yang menawan dan juga terlihat profesional ya pilih Wordpress dan juga unggul di mobile apps juga.

Itulah perbandingan mengenai blogspot dan wordpress yang memiliki keunggulan masing masing, anda lebih suka yang mana?, tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya,

Terima kasih sudah berkunjung..
Sekian, Wassalamu'alaikm Wr. Wb...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Perbandingan Blogspot vs Wordpress"

  1. Menarik infonya mas, tadinya gak tahu jadi tahu keunggulannya masing-masing keduanya. Thanks Infonya :).

    BalasHapus
  2. Artikelnya keren banget, boleh ijin menggunakan logo Blog vs Wordpressnya mas, buat artikel "pengertian blog" gpp ya mas?

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..