Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak

Ketika kita membeli sebuah laptop, tentunya kita berharap agar perangkat tersebut awet dan bertahan lama saat digunakan setidaknya selama 3 tahun atau bahkan lebih. Laptop menjadi salah satu perangkat mobile yang benar – benar diandalkan oleh masyarakat untuk menunjang berbagai keperluan. Maka tak heran bila setiap penggunanya melakukan beragam cara guna menghindari laptop cepat rusak.


Sayangnya justru tanpa disadari kita sering melakukan hal – hal yang membuat laptop cepat rusak saat menggunakannya, yang pada akhirnya membuat performa laptop semakin memburuk. 

Meskipun hal – hal yang kita lakukan tersebut tapak sangat sepele, namun jika dilakukan secara terus – menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang, akan membuat laptop cepat rusak. Simak beberapa diantaranya yang  harus kamu hindari.


Isi Ulang Daya Baterai Meskipun Belum Habis

Menjaga laptop tetap terjaga ketika melakukan sebuah pekerjaan memang sangat penting. Namun jika terlalu sering charge atau sisi ulang daya baterai laptop yang masih memiliki daya diatas 30 %, kemampuan baterai laptop untuk menyuplai daya akan semakin berkurang. 

Pastikan untuk mengisi daya baterai laptop hanya ketika baterai hampir habis, yakni ketika mencapai daya 10 % atau ketika ada peringatan daya mulai melemah.


Menutup Laptop Saat Masih Menyala

Hal ini sering kali dilakukan baik sengaja atau pun tanpa sengaja, menutup laptop langsung tanpa mematikan atau tanpa shutdown. Jika sesekali memang tidak akan menimbulkan masalah apapun, namun jika dilakukan terlalu sering, hal ini akan membuat laptop cepat rusak

Hal ini akan ditandai dengan kerusakan pada LCD. Pastikan untuk menutup laptop setelah shutdown, dan tunggu beberapa saat hingga hawa panas pada laptop tersalurkan dengan baik.

Menyambungkan Kaber Charge Ke Laptop Terlebih Dahulu

Loncatan daya pada charger laptop saat pertama kali ditancapkan tidak stabil, hal ini akan membuat motherboard laptop mengalami kerusakan lebih cepat. Mulai saat ini hindari untuk melakukan isi daya dengan menyambungkan charger ke laptop terlebih dahulu.

Menggunakan Laptop Di Pangkuan Atau Diatas Kasur

Meletakkan laptop di pangkuan atau bahkan di kasur merupakan posisi yang paling enak ketika mengerjakan atau menggunakan laptop. Namun tahukah kamu bila hal ini justru akan membuat laptop cepat rusak dengan mudah?. 

Kegiatan ini akan membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panas yang dikeluarkan laptop mengendap. Jika laptop mengalami suhu tinggi, tidak hanya laptop yang akan mengalami kerusakan, tetapi paha atau kasur yang digunakan bisa ikut terbakar.

Charger Laptop Tanpa Baterai

Apakah kamu pernah menggunakan laptop yang langsung terhubung dengan charger tanpa baterai menempel pada laptop, banyak masyarakat yang keliru dengan kegiatan yang satu ini. Sebagian besar dari mereka meyakini bila melakukan hal tersebut merupakan cara yang ampuh untuk menghemat dan memperpanjang umur baterai laptop. 

Namun nyatanya, hal ini justru akan dengan mudah merusak mainboard laptop, daya listrik yang tidak stabil dan teratur akan menyebabkan konsleting pada laptop. Meskipun baterai laptop awet, namun hal ini akan membuat laptop rusak dengan cepat.

Nah, itulah kebiasaan – kebiasaan buruk yang sering kali disepelekan, padahal dampaknya cukup besar untuk membuat laptop cepat rusak. Jika kamu menginginkan perangkat laptop yang kamu miliki tetap dapat diandalkan dalam jangka waktu panjang, maka berhenti dan hindari melakukan kebiasaan yang disebutkan diatas. 

Sampai disini dulu artikel tentang Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Laptop Rusak, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya..

Sekian, Wassalamu'alaikum Wr. Wb...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..