Referensi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bagi Multimedia



Produk Kreatif dan Kewirausahaan adalah mata pelajaran baru bagi sekolah menengah kejuruhan yang diharuskan untuk menampilkan hasil karya berupa produk barang atau jasa. Sesuai dengan klasifikasinya berikut ini beberapa produk kreatif untuk jurusan Multimedia, yaitu :


A. Jasa Desain
Untuk jurusan Multimedia hal yang sangat mungkin untuk diterapkan dalam menghasilkan barang dan jasa pada produk kreatif adalah melajani “Jasa Desain” jasa desain untuk multimedia sangat mungkin diterapkan karena jurusan multimedia terdapat jurusan desain, contoh jasa desain yang dapat dikerjakan adalah :
Jasa desain foto
Jasa desain poster
Jasa desain kalender
Jasa desain banner
Jasa desain stiker
Jasa desain brosur
Dan masih banyak yang lainnya.

B. Finishing (Packaging)
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan packaging (pembungkus barang) ini juga memiliki pasar yang menjanjikan untuk multimedia, karena akan memadukan antara barang dengan jasa yaitu dari jasa bisa mendesain bentuk packaging seperti label, logo barang, hingga stiker yang kemudian dicetak untuk selanjutnya di packaging atau dikemas.

C. Percetakan
Untuk percetakan jika modal dari sekolah mendukung maka bisa membeli alat cetak, seperti alat cetak foto, majalah ataupun banner hal ini sangat bagus untuk UPJ jurusan multimedia. Sedangkan jika modal dari sekolah minim atau terbatas alangkah lebih baik jika sekolah mencari “rekanan cetak” untuk keperluan cetak.

D. Video, Film & Fotografi
Video, Film dan Fotografi memang sangat melekat dengan multimedia yang terkait dengan produk kreatif yang menghasilkan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya juga untuk penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.

Itulah beberapa produk kreatif yang bisa dilaksanakan untuk jurusan multimedia pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan, jika ada yang terbaru akan kami update. Dan jika anda ada saran silahkan tinggalkan pesan dikomentar, terimakasih..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Referensi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bagi Multimedia"

Posting Komentar

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..