Menerapkan Logika dan Algoritma pada Komputer
Moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku. Namun, ketika manusia berpikir, kadang kala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimpulan yang salah (sesat).
1. Logika
Manusia adalah mahluk
paling mulia sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada
semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan
akal pikiran sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta
meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat).
Manusia merupakan makhluk
yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai makhluk yang berpikir,
manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas.
Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan
pertimbangan yang logis.
Logika berasal dari kata
λόγος (logos) yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan
dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat.
Cabang filsafat yang lain adalah epistemologi, etika, dan estetika.
Dalam pembahasan ini,
logika tidak dijelaskan secara rinci, hanya digunakan untuk mempelajari
bernalar sebagai kecakapan hidup, berpikir secara lurus, tepat, runtut, dan
teratur, yang merupakan penerapan logika dalam kehidupan keseharian. Logika
merupakan materi yang dipelajari sampai kapan pun bahkan ketika manusia
menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Beberapa manfaat yang akan
didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.:
- Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
- Membuat daya pikir menjadi lebih tajam dan menjadikannya lebih berkembang.
- Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
- Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.
2. Algoritma
Setelah mempelajari logika
yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya
akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”. Untuk
mendapatkan cara penyelesaian yang baik, dibutuhkan strategi atau
langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara
terbaik.
Contoh:
Koko adalah Penikmat kopi,
setiap hari pagi hari dia membuat kopi. dengan langkah-langkah sebagai berikut
:
- Siapkan air, panci, cangkir, kopi, dan juga gula.
- Nyalahkan kompor.
- Masukan air kedalam panci.
- Rebus air hingga mendidih.
- Setelah air mendidih masukan kopi dan gula kedalam cangkir.
- Masukan air mendidih kedalam cangkir
- Aduk kopi hingga merata dengan gula
- Secangkir kopi siap untuk disajikan
- Selesai
Contoh di atas merupakan
penyelesaian masalah dengan mengggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah
yang dinamakan algoritma. Algoritma adalah serangkaian langkah yang disusun
menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan.
3. Bagan Alir
a. Fungsi Bagan Alir
Bagan alir (flowchart)
merupakan sebuah bagan yang menunjukkan aliran algoritma dan menampilkan
langkah-langkah penyelesaian terhadap suatu masalah. Terdapat berbagai alasan
bagi seseorang untuk menggunakan flowchart, antara lain sebagai berikut.
- Dokumentasi proses. Bagan alir dapat digunakan untuk mendokumentasikan proses menjadi lebih terorganisasi dengan baik.
- Petunjuk untuk memecahkan masalah. Runtutan langkah dari yang umum menuju ke khusus atau sebaliknya merupakan petunjuk pemecahan masalah yang digambarkan dengan bagan alir.
- Pemrograman. Bagan alir dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar program yang akan dibuat. Bagan alir juga digunakan untuk merancang navigasi pengguna pada tampilan (user interface) aplikasi yang akan dibuat.
- Mengomunikasikan hal-hal yang prosedural.
b. Simbol Bagan Alir
Bagan alir tersusun dari
berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses,
maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masingmasing
kegunaannya.
Contoh berangkat ke
sekolah
Berangkat sekolah
merupakan aktivitas harian siswa SMK. Terdapat berbagai langkah yang dapat
dipersiapkan sebelum berangkat hingga sampai ke sekolah. Kegiatan tersebut
dapat dibuatkan menjadi salah satu bagan alir seperti berikut.
Contoh Flowchart berangkat sekolah
Sampai disini dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf..
Sekian Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Sumber :
buku simulasi dan komunikasi digital smk
wikipedia
google
0 Response to "Menerapkan Logika dan Algoritma pada Komputer"
Posting Komentar
Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..