Pengertian Android dan Versi-versinya

Penjelasan tentang android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet dan lain-lain.
Logo Android, yang terinspirasi dari gambar toilet umum pria

Sistem Android muncul untuk dapat digunakan diberbagai ukuran layar, baik layar besar sampai layar yang kecil, mulai dari smartphone, tablet, TV, jam tangan, dan lain-lain. Desain antar muka yang responsive, mudah dipahami sehingga memudahkan untuk digunakan.

Sistem operasi android menggunakan antarmuka pengguna berdasarkan sistem yang langsung, dirancang terutama dengan sistem layar yang di sentuh atau touchscreen, menggunakan sistem sentuhan yang serupa dengan tindakan di dunia nyata, seperti menggeser, menekan atau mengetuk, sentuhan menyempit, sentuhan melebar, dan berbagai fungsi lainnya untuk menginstruksikan tampilan pada layar

Sejarah Lahirnya Android

Android, Inc. didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan "perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya".

Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun hal tersebut kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Meskipun para pengembang Android adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dioperasikan secara diam-diam, hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi telepon seluler. Masih pada tahun yang sama, Rubin kehabisan uang. Steve Perlman, seorang teman dekat Rubin, meminjaminya $10.000 tunai dan menolak tawaran saham di perusahaan.

Kemudian Google mengakuisisi Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005, menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan setelah diakuisisi oleh Google. Setelah itu, tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan Android Inc., namun banyak anggapan yang menyatakan bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler dengan tindakannya ini.

Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux. Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerja sama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi seluler terus berkembang hingga bulan Desember 2006. BBC dan Wall Street Journal melaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencarinya di perangkat seluler. Berbagai media cetak dan media daring mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merek Google.

Beberapa di antaranya berspekulasi bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknisnya, termasuk produsen telepon seluler dan operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, InformationWeek melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.


Kekhawatiran Pembajakan Aplikasi di Android

Ada beberapa kekhawatiran mengenai mudahnya aplikasi berbayar Android untuk dibajak. Pada bulan Mei 2012, Eurogamer, pengembang Football Manager, menyatakan bahwa rasio pemain bajakan vs pemain asli adalah 9:1 pada permainan buatan mereka.

Namun, tidak semua pengembang mempermasalahkan tingkat pembajakan ini; pada Juli 2012, pengembang permainan Wind-up Knight mengungkapkan bahwa tingkat pembajakan pada permainan mereka hanya 12%, dan sebagian besarnya berasal dari Cina, negara yang pengguna Androidnya tidak bisa membeli aplikasi dari Google Play.

Pada 2010, Google merilis sebuah alat yang berfungsi memvalidasi pembelian resmi untuk digunakan dalam aplikasi, tetapi pengembang mengeluh bahwa hal itu tidak cukup efisien. Google menjawab bahwa alat tersebut dimaksudkan sebagai kerangka sampel bagi para pengembang untuk memodifikasi dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan mereka, bukan sebagai solusi untuk mengakhiri pembajakan.

Pada tahun 2012, Google merilis sebuah fitur dalam Android 4.1 yang mengenskripsikan aplikasi berbayar sehingga aplikasi tersebut hanya bisa berjalan pada perangkat tempat mereka dibeli, namun fitur ini dinonaktifkan untuk sementara karena masalah teknis.

Versi Versi dari Android

Android Cupcake [1.5]

Android Cupcake adalah merupakan pembaharuan sistem yang diluncurkan awal pada April 2009.
Sistem Operasi Android Cupcake, menggunakan Linux kernel versi 2.6.27. Android Cupcake adalah rilis awal yang menggunakan nama-nama makanan yang manis.
Fitur Terbaru :
ü  Dukungan untuk pihak ketiga.
ü  Perekaman dan pemutaran video.
ü  Fitur copy dan paste di browser
ü  Transisi layar animasi dan pilihan auto-rotasi.
ü  Kemampuan untuk meng-upload foto dan video.

Android Donut [1.6]

Android Donut adalah versi yang memperlihatkan tentang informasi dunia seperti di ujung jari, pencarian web, mendapatkan petunjuk arah dan menonton video.
Android Donut 1.6 diluncurkan pada September 2009, merupakan sistem operasi menggunakan Linux kernel versi 2.6.29, memperlihatkan berbagai fitur baru.
Fitur Terbaru :
ü  Dukungan untuk resolusi layar WVGA.
ü  Multi-bahasa sistem.
ü  Suara dan masukan teks pencarian ditingkatkan.
ü  Peningkatan kecepatan dalam mencari dan aplikasi kamera.
ü  Kamera menjadi lebih cepat dan terintegrasi.

Android Éclair [2.0++]

Android Eclair adalah versi yang dapat membuat layar depan sesuai keinginan, mengatur aplikasi di beberapa layar, latar belakang (Wallpaper) hidup yang menakjubkan menanggapi sentuhan.
Android Eclair 2.0 dirilis pada Oktober 2009, menggunakan Linux kernel versi 2.6.29, memperkenalkan fitur lain. Untuk versinya : 2.0, 2.0.1, 2.1
Fitur Terbaru :
ü  Kemampuan menunjukkan pop-up untuk panggilan, SMS dan email.
ü  Wallpaper hidup dan animasi, multi sentuhan.
ü  kamera memiliki fitur dukungan flash, digital zoom, scene mode, keseimbangan warna, efek warna dan fokus makro.
ü  Sinkronisasi akun, kontak cepat, bluetooth.
ü  Kecepatan perangkat keras dioptimalkan.

Android Froyo [2.2++]

Android Froyo ( Froyo adalah singkatan dari frozen yogurt ) dirilis pada Mei 2010, menggunakan Linux kernel versi 2.6.32.
Android Froyo 2.2 memiliki peningkatan pada kinerja sistem signifikan diatas versi Eclair. Akses penyimpanan dan aplikasi yang mngalami meningkatan seperti Web browser yang lebih cepat. Untuk versinya : 2.2, 2.2.1, 2.2.2, 2.2.3

Fitur Terbaru :
ü  Kecepatan, memori, dan kinerja ditingkatkan.
ü  Mendukung Kata Sandi angka dan karakter unik.
ü  Kemampuan browser ditingkatkan.
ü  Fungsi USB tethering dan Wi-Fi hotspot.
ü  Fitur Keamanan ditingkatkan.

Android Gingerbread [2.3++]

Android Gingerbread adalah versi yang menawarkan antar muka pengguna yang dapat diperbaharui dan peningkatan kinerja lebih baik, dirilis pada Desember 2010 menggunakan Linux kernel versi 2.6.35.
Android Gingerbread memiliki beberapa fungsi pada sensor lebih akurat, input teks dan akurasi keyboard meningkat, fungsi penyalinan pada teks terseleksi, efek audio seperti virtualisasi headphone dan dukungan kamera depan. Untuk versinya : 2.3, 2.3.1, 2.3.2, 2.3.3, 2.3.4, 2.3.5, 2.3.6, 2.3.7
Fitur Terbaru :
ü  Efek suara, equalizer, dan virtual.
ü  Mendukung multi kamera.
ü  Mendukung layar besar.
ü  Tampilan Antar Muka lebih simpel dan peningkatan kecepatan.
ü  Virtual keyboard lebih cepat dan intuitif.


Android Honeycomb [3.0++]

Android Honeycomb adalah versi yang lebih dioptimalkan untuk perangkat tablet, peluncuran versi ini membuka cakrawala baru di manapun berada. Dirilis Februari 2011, menggunakan Linux kernel versi 2.6.36.
Selain perbedaan visual Android Honeycomb memperkenalkan akselerasi untuk perangkat keras dan dukungan untuk prosesor multi-core. Untuk versinya : 3.0, 3.1, 3.2, 3.2.1, 3.2.2, 3.2.3, 3.2.4, 3.2.5, 3.2.6
Fitur Terbaru :
ü  Akselerasi kinerja perangkat.
ü  Desain keyboard baru, lebih cepat dan akurat.
ü  Kemampuan menampilan album pada layar penuh.
ü  Akses cepat pada fitur-fitur kamera.
ü  Mendukung keyboard eksternal, joystick.


Android Ice Cream Sandwich [4.0++]

Android Ice Cream Sandwich adalah versi yang dirilis dengan mengusung beberapa perubahan yang baru, sederhana, desain halus indah dan pintar. Sistem operasi Android ini menggunakan Linux kernel versi 3.0.1, yang dirilis ke publik pada Oktober 2011. Untuk versinya : 4.0, 4.0.1, 4.0.2, 4.0.3, 4.0.4


Fitur Terbaru :
ü  Kemampuan akses langsung aplikasi dari pengunci layar.
ü  Foto Editor dan warna layar lebih halus.
ü  Kinerja Stabil dan Aplikasi kamera lebih baik.
ü  Integrasi suara, pembuka kunci deteksi wajah.
ü  Sinkronisasi otomatis pada browser.

Android Jelly Bean [4.1++]

Android Jelly Bean adalah versi yang dapat memiliki fitur cepat dan halus dilengkapi grafis. Google mengumumkan Android Jelly Bean 4.1 pada Juni 2012. Sistem operasi menggunakan Linux kernel versi 3.0.31.
Android Jelly Bean adalah pembaharuan tambahan dengan tujuan utama adalah meningkatkan pada fungsi dan kinerja antar muka pengguna, menggunakan antisipasi sentuh, triple buffering.
Android Jelly Bean memiliki fokus pada optimalisasi kinerja, memperkenalkan sinkronisasi vertical (Vsync) untuk meningkatkan kinerja grafis. Untuk versinya : 4.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.2, 4.2.1, 4.2.2, 4.3, 4.3.1
Fitur Terbaru :
ü  Peningkatan Kinerja Sistem.
ü  Mendukung Bluetooth dengan energi sedikit.
ü  Mendukung emoji.
ü  Peningkatan fitur keamanan.

Android KitKat [4.4++]

Android KitKat adalah versi sistem yang cerdas, sederhana, merupakan sebuah desain yang lebih halus, meningkatkan kinerja, dan beberapa fitur baru.
Android KitKat 4.4 memulai sistemnya pada Nexus Google 5 pada Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk bekerja pada rentang yang lebih besar dari perangkat versi Android sebelumnya. Untuk versinya: 4.4, 4.4.1, 4.4.2, 4.4.3, 4.4.4


Fitur Terbaru :
ü  Peningkatan perlindungan dan keamanan.
ü  Fitur Perekam Layar Built-In.
ü  Peningkatan fitur auto-focus kamera.
ü  Pemutaran Musik Offline.
ü  Peningkatan kemampuan aplikasi.

Android Lollipop [5.0++]

Android Lollipop adalah versi yang memiliki kecerdasan di layar besar maupun kecil, informasi tepat pada saat yang tepat.
Android Lollipop 5.0, diresmikan pada Juni 2014, tersedia resmi sebagai update over-the-air (OTA) November 2014, memiliki fitur antar muka yang di desain ulang, dibangun dengan desain yang responsive. Untuk versi Lollipop ini sendiri mulai dari versi : 5.0, 5.0.1, 5.0.2, 5.1, 5.1.1.
Fitur Terbaru :
ü  Peningkatan Kunci Layar.
ü  Peningkatan antar muka tampilan layar.
ü  Peningkatan notifikasi sistem.
ü  Penambahan multi-bahasa.

Android Marshmallow [6.0++]

Android Marshmallow adalah versi utama yang selanjutnya dari sistem operasi Android. Pertama kali diperkenalkan pada Mei 2015 dengan kode nama Android M, secara resmi dirilis pada Oktober 2015.
Android Marshmallow berfokus terutama pada peningkatan pengalaman pengguna android secara keseluruhan dari versi Lollipop, memperkenalkan arsitektur baru, termasuk bantuan untuk kontekstual, sistem manajemen daya dengan mengurangi aktivitas latar belakang layar saat perangkat tidak secara fisik digunakan, dukungan asli untuk pengenalan sidik jari (Fingerprint) dan USB, kemampuan untuk bermigrasi data dan aplikasi pada kartu microSD dan menggunakannya sebagai penyimpanan utama, serta perubahan internal lainnya.
Fitur Terbaru :
ü  Kunci Layar Fingerprint.
ü  Fitur aplikasi stand-by.
ü  Arsip aplikasi lebih besar.
ü  Back-up full data otomatis.

Android Nougat [7.0]

Android Nougat adalah sistem operasi yang terbaru, memperkenalkan perubahan penting pada platform dan juga pengembangan, termasuk kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi di layar sekaligus dalam tampilan layar yang terpisah, serta lingkungan berbasis “Java OpenJDK” dan dukungan pada render grafis “Vulkan API”, dan pembaruan sistem mulus pada perangkat yang di dukung.



Fitur Terbaru :
ü  Kemampuan kalibrasi warna.
ü  Mendukung multi layar.
ü  Desain baru layar antar muka
ü  Peningkatan fitur aplikasi.
ü  Aplikasi instan, setelan cepat.


Sampai disini artikel tentang android, Jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar,


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber :
Wikipedia[.]com
Dan lain-lan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Android dan Versi-versinya"

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..