Hidden Beach (Pantai Pathuk Gebang) Tulungagung

Selamat malam, Sahabat JL ,,
Kali ini saya akan berbagi cerita tentang liburan kemaren ke Pantai Pathuk Gebang.

Pantai Pathuk Gebang terletak di Tulungagung, tepatnya di kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tulungagung merupakan salah satu kota yang memiliki destinasi pantai-pantai indah, termasuk pantai-pantai yang belum terekspose luas, salah satunya adalah Pantai Pathuk Gebang ini.
Pantai Pathuk Gebang

Kami berangkat dari rumah jam 09.15 (besuki), perjalanan kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 30 menitan menuju Tanggunggunung dari Campurdarat, sampai di Kecamatan Tanggunggunung, anda bisa bertanya ke penduduk sekitar arah petunjuk menuju Pantai Sanggar *Karena ke Pantai Pathuk Gebang harus melewati Pantai Sanggar

Dan akan lebih mudah jika anda bertanya di mana letak lokasi SMP 1 Tanggunggunung. Setelah ketemu SMP 1 Tanggunggunung, ambil arah belok kanan dan ikuti saja jalan yang beraspal sampai mentok.

Selamat Datang di Pantai Sanggar

Ketika anda sudah tidak menemui jalan beraspal, anda bisa bertanya ke penduduk lagi kalau kurang yakin. Anda akan diarahkan terus saja menyusuri jalanan rusak (makadam *bahasa kerennya hahaha) sampai bertemu jembatan yang terdapat petunjuk arah menuju Pantai Sanggar.

Jebatan yang baru selesai dibangun

Sampai kita di desa Jangglungharjo desa terakhir sebelum menuju Pantai Pathuk Gebang, dan dari desa Jangglungharjo kita tetap naik motor ke Pantai Sanggar, medan yang kita lalui lumayan sulit sih yakni jalan setapak, beruntung kita tidak kebarengan dengan hujan, jika hujan kita tidak bisa naik sepeda ke Pantai Sanggar alias jalan kaki dan jarak yang kita tempuh kira-kira 4 kilometer atau setengah jam lebih perjalanan kalau kita jalan kaki, jalanannya pun ekstream naik turun bukit tapi kalau menggunakan sepada kita tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai Pantai Sanggar.

Siang itu kira-kira pukul 12an kita sampai di Pantai Sanggar, berhubung kita sudah pernah ke Pantai Sanggar kita pun langsung melanjutkan perlajanan menuju pantai Pathuk Gebang. Oh iya untuk parkiran sepeda kita bisa parkirkan di Pantai Sanggar tepatnya di dekat warung dan kita ditawari oleh bapak-bapak tukang parkir untuk naik ojek ke pantai Pathuk Gebang dan 2 pantai lainnya (lupa nama pantainya) 50rb/orang, setelah kita pikir-pikir akhirnya kita putuskan untuk tidak menyewa ojek alias jalan kaki menuju pantai Pathuk Gebang.

Setelah ngobrol sekitaran 15 menit sama orang sana, kita akhirnya let's go ke pantai Pathuk Gebang, entah sadar atau baru sadar kita berangkat melewati semak-semak dan perbukitan alias naik, naik, naik gunung! untuk mencapai pantai Pathuk Gebang. Dan gilanya lagi kita berangkat pas jam makan siang atau matahari lagi terik-teriknya, kebayangkan gimana panasnya. Sebenarnya jarak tempuh sekitar 1 jam tapi kita berangkat pas siang bolong jadinya kita butuh waktu yang lumayan lebih lama untuk sampai ke pantai Pathuk Gebang.

Sebuah Perjuangan tidak akan Mengecewakan

Bukit yang kita lewati tadi terlihat kecil ternyata tinggi juga, selama perjalanan kita sering menghabiskan waktu untuk beristirahat karena panasnya sinar matahari. *saran, kalau ke pantai pathuk gebang yang terlalu siang, kalau bisa pagi biar tidak kepanasan.

Lalu kita mengikuti track yang ternyata memang sudah ada (Terima kasih sekali yang sudah memberi petunjuk) dan kondisi jalur tracknya tidak begitu susah juga, setelah kurang lebih 1 Jam lebih kita sampai juga di pantai perawan ini. Subhanallah…. betapa indahnya ciptaan Tuhan, mungkin itu yang anda katakan ketika melihat Pantai Patuk Gebang ini, airnya yang jernih ditambah pemandangan bukit dan pasir yang indah membuat anda tidak akan puas untuk menikmatinya. *Saran bagi anda yang berasal dari jauh, ada baiknya anda ngecamp membawa tenda dan bermalam di pantai ini, dijamin tidak akan rugi.
Setelah sekian lama berjalan sampailah di pantai Pathuk Gebang
Tidak hanya pantainya saja yang mengagumkan, namun di sini juga ada sebuah tebing yang anda bisa menaikinya untuk melihat pemandangan sekitar dari atas. Di sinilah tempat yang paling indah untuk menikmati pemandangan Pantai Patuk Gebang
Mengagumkan!

Kita bisa basah-basahan disini, tapi jangan lupa bawah baju ganti

Untuk fasilitas di pantai Pathuk Gebang belum ada sama sekali, untuk warung cuma ada di Pantai Sanggar jadi anda bisa membeli perbekalan untuk ke pantai pathuk gebang di warung tersebut.

Masih terjaga kebersihannya

Tanah Surga

Tebing Pathuk Gebang, jika air laut pasang tebing ini akan dihantam air laut dan waterboom pun terjadi

Pemandangan dari atas tebing

Jika anda beruntung, anda akan melihat deburan ombak menghantam tebing dengan sangat indahnya seperti gambar dibawah ini, namun saat kita kesana kurang beruntung tapi tidak apa-apa kita bisa ke pantai  Pathuk Gebang saya sudah bersyukur alhamdulillah.

Jika kalian beuntung, kalian akan menikmati waterboom seperti ini.